Temuan Etilen Glikol Butil Ether di Obat Sirup Penyebab Gagal Ginjal Akut, Apa Itu?

Sugeng rawuh Laxminvesto di Situs Kami!

Laxminvesto – Hasil pengujian zat berbahaya pada obat cair yang diduga menyebabkan gagal ginjal pada anak telah dirilis. Hasilnya, Kementerian Kesehatan mengungkap tiga zat berbahaya, salah satunya adalah etilen glikol butil eter. Berikut ini mengenai Ethylene Glycol Butyl Ether: Pengertian, Kegunaan dan Bahayanya. Temuan Etilen Glikol Butil Ether di Obat Sirup Penyebab Gagal Ginjal Akut, Apa Itu?

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan tiga zat berbahaya tersebut adalah etilen glikol (EG), dietilen glikol (DEG), dan etilen glikol butil eter (EGBE).

Ketiga zat ini tidak boleh tercampur dalam cairan, dan jika demikian, jumlahnya harus sangat sedikit agar tidak menjadi racun bagi tubuh. Sebenarnya seberapa bahayakah benda ini dan apa fungsinya? Mari kita simak uraian salah satunya yaitu Ethylene Glycol Butyl Ether (EGBE). Buntut Gagal Ginjal Akut, Apoteker Diminta Aktif Edukasi Masyarakat Soal Obat

Identifikasi Etilen Glikol Butil Eter

EGBE adalah cairan bening dan mudah terbakar dengan sedikit bau dan diproduksi dengan mereaksikan etilen oksida dengan butanol normal (n-butanol) menggunakan katalis.

Situs web Science Direct mencatat bahwa jika rasio etilen oksida terhadap n-butanol lebih besar dari satu, monoeter di- dan trietilen glikol diproduksi oleh EGBE.

Sementara itu, Samchem Prasanna mengatakan etilen glikol butil eter dapat dilarutkan dalam air dan dapat dicampur dengan minyak mineral dan sabun, sehingga digunakan untuk keperluan industri dan rumah tangga.

EGBE banyak digunakan dalam produk pembersih, tinta, cat dan pelapis. Beberapa dampak kesehatannya adalah pernapasan, sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala, dan mual.

Jika obat ini tertelan, ada kemungkinan terjadi iritasi lambung dengan gejala seperti mual, muntah, diare. Kasus keracunan yang paling parah dikatakan dimulai dengan gejala yang mirip dengan gejala pernafasan.

Faktanya, menonton dalam jangka panjang dan berulang-ulang dapat merusak hati, sistem limfoid, darah, dan ginjal. Poin terakhir inilah yang menjadi fokus pemerintah karena tingginya kasus di Indonesia.

Gagal ginjal adalah suatu kondisi di mana ginjal tidak mampu mengeluarkan racun dan kelebihan air dari dalam tubuh. Perannya adalah menjaga keseimbangan antara air dan elektrolit. Saat ini, fungsi ginjal adalah menyaring limbah dari dalam tubuh dan membuangnya melalui urin. Temuan Etilen Glikol Butil Ether di Obat Sirup Penyebab Gagal Ginjal Akut, Apa Itu?

Namun, Kepala Kementerian Kesehatan Dr. Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, ketiga obat tersebut biasanya terdapat dalam bentuk pelarut pada obat cair dan biasanya tidak berbahaya serta tidak menyebabkan gagal ginjal.

Berikut ini penjelasan dan informasi mengenai Ethylene Glycol Butyl Ether: Pengertian, Kegunaan dan Resiko. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk lebih waspada.