Mobil China Bangkit Lagi di Indonesia

Selamat datang Laxminvesto di Situs Kami!

Jakarta, 23 November 2023 – Mobil China telah menjadi bagian dari pasar mobil Indonesia selama lebih dari satu dekade. Namun perjalanan mereka tidak mulus dan mereka mengalami masa-masa sulit saat pertama kali tiba. Mobil China Bangkit Lagi di Indonesia

Mobil China pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2006 dibawa oleh Chery. Perusahaan meluncurkan mobil QQ, city car kecil yang terjangkau. Mobil tersebut langsung mendapat respon positif dari konsumen Indonesia. Terpopuler Otomotif: Polisi Kecele saat Mengejar Pemotor, Mobil Termewah Cristiano Ronaldo

Dilihat dari penelusuran Laxminvesto Otomotif, Geely juga masuk ke Indonesia pada 2009. Geely meluncurkan mobil MK, sedan mewah terjangkau. Mobil tersebut pun mendapat respon positif dari konsumen Indonesia.

Namun mobil China masih kerap dikritik saat pertama kali hadir karena dianggap kualitasnya kurang. Mobil China juga kerap dikaitkan dengan masalah keselamatan.

Karena persoalan kualitas, mobil China mulai kehilangan popularitas di Indonesia. Chery dan Geely akhirnya memutuskan mundur dari pasar Indonesia antara tahun 2012 hingga 2013.

Pada tahun 2017, Wuling Motors masuk ke Indonesia. Wuling meluncurkan mobil Confero, sebuah MPV tujuh tempat duduk dengan harga terjangkau. Mobil ini langsung menyita perhatian masyarakat Indonesia.

Pada tahun 2019, Dongfeng Xiaokang juga masuk ke Indonesia dan meluncurkan Honor 580, sebuah SUV tujuh tempat duduk dengan harga yang sangat terjangkau. Mobil tersebut pun mendapat respon baik dari konsumen Indonesia.

Masuknya Wuling dan Dongfeng Xiaokang menandai kebangkitan mobil China di Indonesia. Kedua merek ini telah membuktikan bahwa mobil China kini memiliki kualitas yang tinggi dan mampu bersaing dengan mobil merek lain.

Kemudian intrusi merek mobil Tiongkok semakin intensif, dan jumlahnya meningkat dalam beberapa tahun. Contohnya adalah kembalinya Chery, dan bangkitnya Morris Garage alias MG yang kini dikelola oleh SAIC yang juga mengelola Wuling Motors.

Insentif pemerintah untuk kendaraan listrik juga memicu minat dari produsen seperti Neta dan Great Wall Motors, yang menjual kendaraan listrik serta mobil bermesin konvensional. Mobil China Bangkit Lagi di Indonesia

Yang terbaru adalah Zero Sports dan mereka akan meluncurkan produk pertamanya secara global yaitu Zero Sports C10.

Chery Omoda E5 diluncurkan secara global di Indonesia, dibanderol hampir Rp 500 juta Produsen mobil asal China Chery resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya, Chery Omoda E5, di Jakarta hari ini. Menariknya, Indonesia akan menjadi negara pertama Laxminvesto pada 5 Februari 2024